Senin, 24 Mei 2010

46 Juta Komputer Tablet Banjiri Pasar Pada 2014


TEMPO Interaktif, Amerika - Sebuah perusahaan riset dan analis pasar teknologi informasi, International Data Corporation (IDC) memperkirakan jumlah komputer tablet di pasaran pada 2014 sebanyak 46 juta unit. Dalam pernyataan terbarunya, IDC menyebutkan untuk tahun ini saja, terdapat 7,6 juta unit komputer tablet yang beredar di pasaran.

"Pertumbuhannya diperkirakan sekitar 57,4 persen per tahun," kata Direktur Program IDC Susan Kevorkian seperti dikutip dari Cnet. Tentunya pasar komputer tablet ini tak hanya dikuasai Apple dengan produknya iPad yang sedang melejit di pasaran. Nantinya, menurut dia, iPad juga akan berkompetisi dengan sejumlah vendor yang juga menghasilkan komputer tablet seperti Archos 7 Home Tablet dari Intel dan komputer tablet hasil perpaduan Google dan Verizon.

Definisi IDC mengenai komputer tablet adalah sebuah peranti dengan layar berukuran 7 hingga 12 inci, menggunakan prosesor ARM dan bekerja dengan sistem operasi seperti Apple iPhone OS atau Google Android. Beberapa komputer tablet tidak menyediakan peranti keras seperti papan ketik (keyboard) melainkan menggunakan jari atau sentuhan pada layarnya.

Menurut Kevorkian, yang membedakan komputer tablet dengan personal computer atau telepon pintar adalah sistem aplikasi yang ada di dalamnya. "Komputer tablet lebih memadai untuk menggunakan berbagai aplikasi yang dikehendaki," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar